Ragam

Armada Damkar Kota Padang Unjuk Gigi

Sebanyak 12 armada pun diturunkan

Aksi armada pemadam kebakaran milik Dinas Pemadam Kebakaran Kota PadangAksi armada pemadam kebakaran milik Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padan.

Guna memeriksa kesiapan dan kekuatan armada, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Padang menggelar parade armada pemadam kebakaran, Jumat (29/12/2017) sore.

Sebanyak 12 armada pun diturunkan. Parade ini dimulai dari Halaman Kantor Damkar, kemudian menuju jalan Khatib Sulaiman, lalu berputar melalui jalan S. Parman diteruskan ke Pantai Padang dan akhirnya berhenti di Pantai Cimpago Purus.

Kegiatan ini dipimpin langsung Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah. Dalam parade itu terlihat Walikota didampingi Kepala Dinas Damkar Hendrizal Azhar ikut berdiri diatas mobil Damkar disertai jajaran personil Damkar lainnya. Selama perjalanan, Mahyeldi juga menyapa dan membalas sahutan warganya di setiap jalur yang dilintasi.

Setiba di pinggir Pantai Cimpago pun, semua armada pun berhenti. Tak lama kemudian, setelah mencek kesiapan mesin dan peralatan lainnya, masing-masing mobil secara serentak melepaskan tembakan air ke arah pantai yang diperkirakan mencapai sampai lebih kurang 25 meter.

Atraksi itu pun sontak menjadi tontonan masyarakat setempat ataupun pengunjung pantai kala itu.

Walikota Mahyeldi usai kegiatan menyampaikan, kegiatan parade mobil damkar ini memang penting dilakukan dalam rangka mencek kondisi kesiapan armada Damkar dalam melakukan tugas terkait upaya pemadaman bencana kebakaran di Padang ke depan.

“Melalui kegiatan ini kita dapat sama-sama melihat dan menyaksikan kesiapan armada yang ada di Damkar. Kita pun sama-sama menyaksikan, masing-masing armada terlihat sangat fit baik dari kondisi mesin disertai kelengkapan lainnya. Kemudian jarak tembak airnya pun cukup jauh yakni mencapai 20-25 meter,” kata Mahyeldi sewaktu diwawancarai wartawan.

Mahyeldi pun berharap, semoga kondisi prima armada damkar saat ini akan mampu mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada di tengah masyarakat Kota Padang sekaitan kebakaran. Apalagi dengan kelengkapan peralatan dan sebagainya, semoga akan terus dijaga dan ditingkatkan ke depannya.

“Sehingga, ini akan memberikan upaya dan kinerja maksimal. Dan ini tentunya akan memberikan rasa tenang dan nyaman bagi masyarakat sewaktu terjadi bencana kebakaran,” tukuk Wako.

Kepala Dinas Damkar Kota Padang Hendrizal Azhar juga menyebutkan, kegiatan ini sejatinya untuk melihat kesiapan dan juga kekuatan daripada armada mobil pemadam kebakaran yang dimiliki Dinas Damkar Kota Padang saat ini. Apalagi sehubungan di akhir tahun dan menjelang kesiapan untuk tahun selanjutnya.

“Dalam setahun ini kita telah melakukan perawatan dan pemeliharaan setiap armada yang ada. Namun apakah itu telah sesuai dengan aturannya atau belum maka itu kita cek pada kesempatan ini.  Insyaallah, dari jumlah kekuatan armada yang kita miliki saat ini 100 persen siap untuk memadamkan apabila terjadi bencana kebakaran di Kota Padang,” tutur Hendrizal.