Pendidikan

Pesantren Ramadan Pelajar di Padang Ditutup

Sekda Kota Padang Asnel menutup pelaksanaan Pesantren Ramadan di Masjid Nurul Amin Banda Bakali Kelurahan Simpang Haru, Kecamatan Padang Timur, Sabtu malam. Foto : Istimewa

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang Asnel menutup Pesantren Ramadhan di Masjid Nurul Amin Banda Bakali Kelurahan Simpang Haru, Kecamatan Padang Timur Sabtu malam (2/6/18).

Asnel mengatakan, Pesantren Ramadhan merupakan salah satu wadah untuk bersosialisasi antar anak didik dalam lingkungan tempat tinggal mereka. Kesibukan hidup diperkotaan dan padatnya waktu anak-anak belajar disekolah menyebabkan mereka kurang mengenal satu dengan yang lainnya, bahkan satu komplek perumahanpun mereka tidak kenal mengenal.

Oleh karena itu melalui Pesantren Ramadhan ini, disamping untuk bersosialisasi sesama mereka juga menjadikan pembiasaan untuk mencintai rumah ibadah sejak dini.

“Hal inilah menjadi dasar yang kuat perlunya pesantren ramadhan ini bagi murid/siswa kelas IV s/d kelas VI SD/MI dan SMP/MTS di Kota Padang,”terang Asnel.

Kemudian Untuk penyempurnaan pelaksanaan pesantren ramadhan , Pemerintah Kota Padang terus menerus mengevaluasi pelaksanaan Pesantren Ramadhan sebagai wadah menciptakan anak didik yang berakhlak kharimah.

Pesantren ramadhan ini bukanlah milik Pemko Padang saja, akan tetapi milik setiap warga Kota Padang,”Dalam Pelaksanaan pesantren ini, kita melibatkan semua pihak agar pesantren ini lebih bermakna,”ucap Asnel.

Selanjutnya Asnel mengucapkan terima kasih kepada seluruh komponen masyarakat, pengurus masjid, panitia pesantren ramadhan, para guru dan orang tua wali murid yang telah mendukung, mengikuti dan berpartisipasi sehingga terlaksananya pesantren ramadhan ini dengan lancar dan suskses, tanpa dukungan dan partisipasinya pesantren ini tidak ada apa-apanya.

Diakhir sambutannya atas nama Pemerintah Kota Padang, Asnel mengucapkan selamat hari raya idul fitri 1 syawal 1439 H, mohon maaf lahir dan bathin.

Sementara itu, Camat Kecamatan Padang Timur Anches Kurniawan, menyebutkan ada beberapa Masjid dan Mushalla di Kecamatan Padang Timur ini, pada waktu bersamaan juga melakukan penutupan pelaksanaan pesantren ramadhan.

“Alhamdulillah Masjid Nurul Amin Kelurahan Simpang Haru ini mendapat kehormatan, penutupan pesantren ramadhannya di tutup oleh Sekda Kota Padang,” jelas Anches.

Mudah-mudahan dengan pesantren ramadhan ini angka kriminalitas dan tawuran yang cukup tinggi di Kecamatan Padang Timur bisa ditekan. Semoga untuk tahun berikutnya pelaksanaan pesantren ramadhan ini lebih baik lagi, dari tahun sebelumnya dan selalu mengevaluasi kurikulumnya dengan pembentukan pendidikan berkarakter.